Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

080811-Obat Tradisional Menyuburkan & Menghitamkan Rambut

Menyuburkan Dan Menghitamkan Rambut Secara Tradisional

BERAGAM pengobatan tradisional Banjar untuk menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut. Ramuan alam yang mudah di dapat dan banyak tumbuh disekitar kita.
            Menurut budayawan Banjar Drs Syarifuddin R, kembang sepatu dan lidah buaya banyak ditanam di halaman sebagai hiasan, tapi jarang ada yang mengetahui bahwa daun kembang sepatu bisa untuk menyuburkan rambut. Cara pemanfaatannya yaitu petik daun kembang sepatu kurang lebih segenggam, lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi air.
Selanjutnya remas daun kembang sepatu tadi hingga menjadi cairan yang kental. Gunakan cairan kental daun kembang sepatu tadi untuk keramas, yang selanjutnya bilas dengan air bersih. Agar rambut tumbuh subur, lakukan setiap kali keramas.
Tanaman lain dengan menggunakan daun lidah buaya, caranya ambil getah (daging) daun lidah buaya yang berupa lender, dan oleskan pada kulit kepala sampai rata. Hal ini dilakukan pada sore atau malam hari, baru besok paginya dikeramas dengan air bersih.
Tanaman berikutnya menggunakan daun urang aring, caranya ambil beberapa daun urang aring, letakkan di telapak tangan, lalu di giling dengan dua telapak tangan sampai mengeluarkan air, dan air daun urang aring tadi disapukan ke kulit kepala, lakukan seperti ini beberapa kali.
Sedangkan untuk menghitamkan rambut, dapat menggunakan buah mengkudu (bingkudu) yang dikupas lalu diparut dengan parutan kelapa. Kemudian parutan buah mengkudu tadi diperas hingga mengeluarkan air. Lalu air perasan disaring dengan kain agar bersih, dan dicampur dengan air perasan daun pandan supaya menjadi harum. Kemudian rambut dikeramas dengan air perasan ini, biarkan selama satu hari, baru besoknya rambut dicuci dengan air bersih. ara/mb07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar