Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

090811-selasa(rabu)-diskusi LBB.dinamika budaya dari Zulkifli

Dinamika Perkembangan Budaya Daerah

BANJARMASIN – Manusia merupakan makhluk yang berbudaya, maka perkembangan suatu kebudayaan sangat tergantung pada masyarakat pendukungnya” ungkap Dr H Zulkifli Musaba MPd, ketua Program Pascasarjana S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Lambung Mangkurat, pada akhir Juli 2011 yang lalu di di gedung Warga Sari Taman Budaya Kalsel.
            Dalam perbincangan seputar budaya daerah tersebut, Zulkifli menambahkan “oleh karena itu, perkembangan suatu kebudayaan sering pula dengan dinamika perkembangan masyarakatnya.
            Kebudayaan dalam arti yang lebih lengkap, meliputi beberapa unsur sebagai sesuatu yang universal, seperti unsur peralatan dan perlengkapan hidup, antara lain pakaian, perumahan, alat rumah tangga, senjata, alat produksi, transport dll. Unsur mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi, antara lain pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dll.
Kemudian unsur kemasyarakatan, antara lain sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan. Unsur bahasa, baik lisan maupun tertulis. Unsur kesenian, baik seni rupa, seni suara, seni gerak dll. Unsur pengetahuan dan religi atau kepercayaan.
Ketujuh unsur kebudayaan ini, merupakan sesuatu yang berlaku dan ada dalam suatu masyarakat, walau dalam wujud dan kualitas yang berbeda-beda, sesuai dengan kemajuan dan berbagai latar belakang dari masyarakat pendukungnya.
Pada hakikatnya, lahirnya suatu kebudayaan merupakan wujud nyata masyarakat manusia dalam menjawab tantangan kehidupan, sekaligus sebagai upaya beradaftasi dengan lingkungan” ujarnya.
Menurut Zulkifli “tiap-tiap kebudayaan, tentu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini juga mengisyarakatkan adanya perubahan kebudayaan, bahkan juga terjadi saling pengaruh antar kebudayaan.
Semuanya ini, tidak terlepas dari suasana pergaulan atau interaksi antar anggota masyarakat yang semakin meluas, bahkan telah terjadi interaksi yang mendunia sebagai konsekwensi kehidupan global” pungkasnya. ara/mb05
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar