Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 23 Desember 2011

141210-selasa(rabu)-Disparkota pagelaran maulid habsy

Photo: mahfuz

GEBYAR MUHARAM PEMERINTAH KOTA SEBAGAI WISATA RELIGIUS

BANJARMASIN – Untuk memperingati tahun baru Islam khususnya dan bulan Muharam umumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga kota Banjarmasin melaksanakan Pagelaran Maulid Habsy se-kota Banjarmasin.
Pagelaran Maulid Habsy yang dilaksanakan dari 13 sd 14 Desember 2010 tadi, bertempat di pelataran gedung Pemko pada hari pertama dimulai pada pukul 20.00 wita dan hari kedua di aula gedung Pemko pada pukul 15.00 wita.
Dalam sambutan pembukaannya Kepala Dinas Pariwisata kota Banjarmasin Hesly Junianto, berkata “kegiatan ini merupakan gebyar Muharam untuk menyambut bulan Muharam itu sendiri. Sebetulnya kegiatan ini mau kita laksanakan pada satu Muharam tadi, tapi kareana beberapa hal baru sekarang bisa kita laksanakan.
Terlaksananya kegiatan ini, tidak terlepas dari dorongan wakil walikota kita, yang meminta agar dilaksanakan saja sebelum bulan muharam itu berakhir. Karena visi pertama walikota dan wakil walikota kita adalah memajukan pariwisatanya, termasuk pariwisata religius.
Untuk selanjutnya kegiatan ini akan kita laksanakan setiap tahun, menjadi program Muharam yang banyak di isi dengan beragam kegiatan. Oleh karena itu kita meminta masukan dari budayawan Islam, kegiatan Islam apa yang betul-betul menjadi ciri khas dari masyarakat Banjarmasin” ujarnya.
Kemudian acara di buka oleh Wakil Walikota Banjarmasin H.Irwan Anshari, yang mengharapkan agar kegiatan gebyar muharam ini ditahun depannya, lebih ditingkatkan lagi. Karena katanya “kegiatan seperti ini merupakan wujud nyata kecintaan kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, serta untuk menunbuh kembangkan syiar Islam di kota Banjarmasin” ungkapnya.
Mengenai peserta kegiatannya, ketua panitia pelaksana Mujiyat. SS.n,M.Pd, menjelaskan “perwakilan grup Habsy dari semua kecamatan yang ada di Banjarmasin, yang ikut serta antara lain diikuti 8 grup pria dan 5 grup wanita, yaitu: Al Inayah, Suhailul Insan, Al Aman, Al Amin, Al Jami, Al Aminiah, Al Ikhsan, nurul Firdaus, Al Muslimah, Az Zahro Khomairah, Al Mubarak, Al Muhaimin dan Al Hidayah.
Hadiah utama untuk yang terpilih sebagai terbaik grup Habsy pria dan wanita masing-masing mendapat satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah. Memang untuk nominal hadiah masih kecil, tapi kedepannya akan kita tambah lagi, juga akan kita berikan piala bergilir dari wali kota Banjarmasin” katanya ditengah-tengah acara pada Selasa (14/12) sore.
Yang akhirnya terpilih sebagai pemenang pertama grup Maulid Habsy pria yaitu grup Al Mubarak, juara ke dua dari grup Al Jami dan juara ke tiga dari grup Al Amin. Sedang juara pertama grup Maulid Habsy wanita yaitu grup Nurul Firdaus, juara ke dua dari grup Al Muslimah dan juara ke tiga dari grup Al Inayah. ara/mb05


Tidak ada komentar:

Posting Komentar