Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

170711-minggu(senin)-nisfu sekumpul

Photo: mb/ara
SHAF – Barisan shaf yang panjang di jalan utama Sekumpul hingga gang Penghulu, dan gang-gang kecil di sekitar komplek Sekumpul, menjadi rutinitas tahunan di malam nisfu sya’ban

Menjamu Tamu Malam Nisfu Sya’ban Di Sekumpul

RIBUAN jamaah yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak, seperti tahun-tahun sebelumnya, berduyun-duyun mengikuti ibadah malam nisfu sya’ban di Mushalla Arraudah komplek sekumpul.
            Jama’ah yang datang tidak hanya dari seputar kota Martapura, tapi juga dari berbagai daerah yang ada di Kalsel. Walaupun jamaah yang datang tersebut, tidak sebanyak saat pelaksanaan haul Guru Sekumpul. Selain itu ada suatu kebiasaan yang terus dilaksanakan warga Sekumpul yaitu menjamu tamu yang datang.
            Dari pantauan Mata Banua, pada Sabtu (16/07) malam, shap jamaah yang mengikuti ibadah malam nisfu sya’ban hingga kedepan gang Penghulu, dan gang-gang kecil di sekitar komplek Sekumpul.
            Rangkaian ibadah malam nisfu sya’ban secara berjamaa’ah, diantara sholat fardhu magrib dan isya di Mushalla Arraudah tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu tiga kali membaca surah yasin, sholat sunah tasbih dan sholat hajat.
            Sedangkan niat dari masing-masing pembacaan surah yasin yaitu memohon kepada Allah, agar  dihapuskan segala dosa yang diperbuat, dipanjangkan umur untuk berbuat taat, dan dimurahkan rezeki serta diberi keselamatan.
            Sholat wajib magrib dan isya juga tetap di imami oleh KH Sa’duddin Salman, yang menjadi imam tetap sholat fardhu di mushollah Arraudah, semenjak Guru Sekumpul meninggal dunia. Sedangkan pembacaan surah yasin, sholat tasbih dan sholat hajat, di pimpin oleh habib Abdurrahman dari kampung Keraton Martapura.
            Sebelumnya, tidak terlalu banyak persiapan warga sekumpul untuk menyambut jama’ah yang datang, karena pengeras suara, penerangan dan tong-tong besar tempat berwudhu, telah disiapkan semenjak pelaksanaan haul Guru Sekumpul pada Minggu 5 Juni 2011 yang lalu.
            Hanya kesibukan dari masing-masing rumah, menyiapkan jamuan untuk jamaah secara ala kadarnya. Suatu kebiasaan menjamu tamu yang telah dicontohkan oleh almarhum Syaikhuna al-Alim al-Allamah Muhammad Zaini bin al-Arif billah Abdul Ghani, setiap pengajian di Mushalla Arraudah komplek sekumpul ataupun saat ada acara keagamaan lainnya, seperti seusai ibadah malam nisfu sya’ban ini, yang terus dilanjutkan oleh warga sekumpul hingga sekarang.
            Seusai ibadah malam nisfu sya’ban, maka masing-masing warga akan mempersilahkan jamaah yang ada di dekat rumah, untuk menikmati hidangan yang telah disiapkan, atau ada warga yang membagikan nasi bungkus kepada jamaah yang ada disekitar rumahnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar