Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

210711-kamis(jumat)-TB.FTK-kotabaru kepentas tari nasional (Dm.230711)

Photo: mahfuz

Yayasan Pusaka Sa-Ijaan Mewakili Ke Festifal Tari Nasional

BANJARMASIN – Kotabaru sebagai salah satu kabupaten yang berada paling ujung di provinsi Kalsel, tetapi paling aktif melakukan pagelaran seni di ibukota provinsi Kalsel, dibanding kabupaten/kota yang lain.
            Sejauh mana dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan seni budaya di kabupaten Kotabaru, seusai menyaksikan Festival Karya Tari Daerah se-Kalsel, pada Sabtu (16/7) malam yang lalu, di Gedung Balairung Sari Taman Budaya (TB) Kalsel, bupati Kotabaru Drs Irhami Ridjani MM, menjelaskan kepada Mata Banua “saat ini kami masih berbenah dalam sektor pariwisata dan kami akan terus mengembangkan dan memperkenalkan seni budaya yang ada di kabupaten Kotabaru.
            Dalam Yayasan Pusaka Sa-Ijaan Kotabaru mempunyai 300 penari, jadi kami tinggal memilih mana yang terbaik. Penari kami selalu mengikuti perkembangan seni tari diluar, dan tentunya malam ini kami berharap menang” ujarnya.
            Harapan dari bupati Kotabaru menjadi kenyataan, dari 12 grup tari perwakilan kabupaten-kabupaten di Kalsel, yang mengikuti festival tari daerah di Taman Budaya, maka lima juri (Hj Irma Faujiah, Suharyati, Abdul Ajiz, Drs Mukhlis Maman, Kawang Yudha SH) memutuskan tiga nominasi yaitu Yayasan Pusaka Sa-Ijaan dengan judul tari Aruh Pangantin, Perpekindo dengan judul tari Pandayangan dan La-Bastari Kandangan dengan judul tari Kapuhunan.
            Kemudian yang terpilih untuk mewakili Kalsel dalam Festival Nasional Seni Nusantara adalah grup tari dari Yayasan Pusaka Sa-Ijaan Kotabaru, yang juga ditetapkan sebagai penata musik pengiring tari terbaik. Sedangkan yang terpilih untuk mengikuti parade tari nusantara di Taman Mini Indonesia Indah adalah grup tari dari Perpekindo Banjarmasin, yang juga ditetapkan sebagai penata busana terbaik dan penata tari terbaik.ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar