Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

210711-kamis(jumat)-TB.PKBSS-lagu banjar (Dm.230711)

Photo: mb/ara

HADIAH – Kepala Taman Budaya Kalsel Noor Hidayat Sultan menyerahkan hadiah kepada pemenang menyanyikan lagu Banjar

Taman Budaya Ingin Membuat Grup Musik Panting Anak-Anak

BANJARMASIN – Adanya penampilan dalang cilik beserta pemain gamelan yang semuanya anak-anak, pada Minggu malam 10 Juli yang lalu, menimbulkan keinginan dari Kepala Taman Budaya (TB) Kalsel Noor Hidayat Sultan untuk membuat grup musik panting anak-anak.
            Bakat seni dan kecintaan anak-anak terhadap seni tradisional, sebenarnya ada banyak, hanya saja seringkali tidak mendapatkan dukungan dan fasilitas yang baik. Sehingga bakat dan kecintaan itu, terpendam atau tergeser oleh kesenian modern.
            Seusai penyerahan hadiah lomba marangkai payung kambang, maulah topi purun, bakisah bahasa Banjar, dan menyanyikan lagu Banjar dalam Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai 2011 di TB Kalsel, kepada Mata Banua pada Sabtu (16/7) sore, Hidayat mengatakan “apa yang ditampilkan dalang cilik beserta pemain gamelan yang semuanya anak-anak, memberi banyak inspirasi untuk peningkatan seni budaya melalui generasi muda.
            Hari ini kita sudah punya penyanyi lagu Banjar remaja, kenapa tidak dikembangkan lebih jauh lagi untuk pemain musiknya, misalnya membuat grup musik panting yang semuanya anak-anak. Kalau ini bisa diwujudkan akan menjadi kebanggaan bagi daerah.
            Mekanismenya bisa saja dilakukan dengan penyaringan di setiap sekolah, yaitu anak-anak yang mempunyai bakat seni dalam memainkan alat-alat musik panting, di rekrut oleh TB, dan di bina lebih jauh lagi” ujarnya.
            Sementara itu Marsa Almira Devi siswi kelas tiga SMA Kartika Banjarmasin, yang menjadi pemenang menyanyikan lagu Banjar, berkata “aku sudah suka lagu Banjar semenjak kecil, lagu Banjar itu gampang, ada cengkok melayu dan ada sedikit popnya.
            Kalau membandingkan antara lagu Banjar versi modern dengan versi lama, aku lebih suka yang versi lama, karena masih asli, yang modern malah sudah tidak seperti lagu Banjar lagi. Mudah-mudahan lagu Banjar jangan cuma di tingkat daerah saja, tapi bisa menembus pasar nasional” ujar gadis manis, yang sangat menyukai lagu Banjar yang berjudul “Managih Janji”, dan sudah sering memenangkan lomba menyanyikan lagu Banjar tingkat anak-anak ini dengan malu-malu. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar