Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Minggu, 25 Desember 2011

220311-selasa(rabu)-es krim home industri (Dm.di Ekonomi & Bisnis hal.9)


Photo: mb/ara
USAHA SAMPINGAN - Pengolahan Es Cream Instant, yang cukup menguntungkan untuk usaha sampingan.

Bisnis Sampingan Dengan Es Cream Instant

BANJARMASIN – Produk baru Es Cream Instant, sudah merambah pasar jajanan di Banjarmasin. Konsep Es Cream Instant memang mirip dengan es mambo/lilin, namun dengan sentuhan-sentuhan inovasi yang membuat pelaku industrinya lebih mudah dan praktis dalam bekerja, tetapi tetap dapat menghasilkan keuntungan.
            Menurut Ahya Mahyudi yang baru merintis usaha Es Cream Instant ini, mengatakan “distribotor untuk Kalsel ada di Banjarbaru. Prospeknya lumayan, Es Cream Instant ini dibuat tanpa bahan pengawet dengan kualitas produksi yang dapat dijamin serta aman dikonsumsi anak-anak. Selain harganya yang cukup murah dan rasa yang beragam Ada rasa Chocolate, Vanila, Starawberry, Lychee, Jambu Biji, Jeruk, Coco Pandan, Soda Gembira dan Durian.
            Sebagai usaha sampingan dirumah cukup menguntungkan. Hanya dengan modal membeli satu pak bahan baku Es Cream Instant yaitu Rp.90 ribu, yang berisi 240 sachet. Kemudian membeli satu set alat pengisian Es Cream Instant sebesar Rp.150 ribu. Satu set alat pengisian itu terdiri dari injector, selang, jarum, pistol lem tembak, 15 lem stik.
            Biaya produksi kurang lebih 500 rupiah per sachet, dengan harga jual 1000 rupiah per sachet ke konsumen.
            Proses pengolahan sangat praktis, dalam satu bungkus Es Cream Instant sudah terdapat bubuk Es Cream. Bahan baku Es Cream Instant yang sudah di kemas dalam sachet ini diisi dengan air matang yang sudah dingin.
Cara pengisian dengan disuntik menggunakan alat injector, kemudian lubang bekas suntikan ditutup dengan lem tembak. Selanjutnya kemasan Es Cream yang sudah terisi penuh air, dimasukkan ke dalam freezer kulkas. Untuk kulkas yang normal Es Cream akan membeku dalam waktu 6 jam. Selama Es Cream masih dalam keadaan membeku dapat bertahan selama 6 bulan.
Es Cream yang sudah beku, dapat dipasarkan dengan cara dititipkan di warung-warung atau di kantin-kantin sekolah. Saya baru memulai bisnis ini kurang lebih lima bulan. Proses pembuatannya sendiri dilakukan oleh istri saya. Keuntungan yang didapat selama satu bulan, berkisar Rp.600 ribu, lumayan sebagai usaha sampingan” pungkas Ahya yang tinggal di Kuin dekat komplek makam Sultan Suriansyah. ara/mb06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar