Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

220711-jumat(sabtu)-TB.FTK-sambutan yusirwan (Dm.250711)

Disporbudpar Kalsel Pertanyakan Absennya 4 Kabupaten

BANJARMASIN – Ada 12 grup tari yaitu dari Banjarmasin, Banjarbaru, Marabahan, Rantau, Kandangan, Amuntai, Balangan, Tabalong, dan Kotabaru yang mengikuti Festival Karya Tari Daerah se-Kalsel, pada Sabtu (16/7) malam yang lalu, di Gedung Balairungsari Taman Budaya (TB) Kalsel. Sementara kabupaten Banjar, HST, Tanah Laut dan Tanah Bumbu, ke empatnya absen.
            Kepala Bidang Kebudayaan dan Kesenian Disporbudpar Kalsel, Merah Yusirwan Bangsawan yang juga selaku ketua panitia Festival Karya Tari Daerah se-Kalsel, seusai menyaksikan penampilan tari pada Sabtu (16/7) malam yang lalu, ia mengatakan “dalam Festival Karya Tari Daerah se-Kalsel ini, kami ingin melihat bagaimana pembinaan seni tari oleh daerah masing-masing, dengan menampilkan pola garapan-garapan baru.
            Memang tari itu berjalan kepada tradisional, tapi yang diinginkan bagaimana seniman itu berkembang, punya imajinasi, dan punya kreatifitas. Oleh karean itu seni tradisional diangkat kepada kreasi daerah ke event nasional.
            Sejauh mana daerah-daerah itu membina para senimannya, itulah yang paling penting ingin dilihat Disporbudpar Kalsel. Sekarang yang mengikuti festifal tari ini hanya 9 kabupaten/kota, berarti 4 daerah tidak mengikutinya.
            Secepatnya akan kami tanyakan mengapa kabupaten Banjar, HST, Tanah Laut dan Tanah Bumbu, tidak mengikuti Festival Karya Tari Daerah se-Kalsel. Tapi untuk Tanah Laut, hanya absen mengirimkan perwakilannya tahun ini, tahun sebelumnya selalu berpartisipasi. Sedangkan, 3 daerah lainnya hampir tiap tahun selalu vakum.
            Kabupaten Banjar dengan Kesultanan Banjarnya, seharusnya lebih aktif lagi. Kami harapkan kabupaten Banjar untuk menunjukkan kepedulian partisipasinya terhadap seni budaya” ujarnya.
            Menurut Yusirwan “dalam 10 tahun terakhir, Kalsel selalu masuk 16 besar nominasi terbaik se-Indonesia, malah kita dinilai terbaik di Kalimantan. Tahun ini kita berusaha masuk 5 besar” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar