Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

230911-Obat Tradisional Disengat Kelabang

Biji Asam Jawa Untuk Obat Sengatan Kelabang

KELABANG banyak bersembunyi ditempat-tempat yang lembab, seperti diantara lipatan kain, di bawah kasur, tumpukan daun-daunan di halaman, ataupun di tempat sampah, dan lainnya.
            Secara tidak sengaja saat kita melakukan aktifitas tertentu,  seperti membongkar kain-kain lama, atau mengangkat kasur untuk di jemur, terdapat kelabang yang bersembunyi diantaranya. Kelabang yang merasa terganggu dan tersentuh, balas menggigit kita.
            Dalam bahasa Banjar, kelabang di sebut halilipan (lipan). Gigitan kelabang memang tidak berbahaya, tetapi sangat sakit dan bagian tubuh yang tersengat akan membengkak.
            Menurut budayawan Kalsel, Drs Syarifuddin R, ada beberapa cara pengobatan tradisional masyarakat Banjar untuk mengobati sengatan kelabang, yaitu menggunakan biji asam Jawa (biji asam kamal). Cara mengolah obatnya, yaitu biji asam kamal ditumbuk sampai halus hingga menjadi serbuk, selanjutnya diusapkan atau digosokkan pada bekas sengatan kelabang.
            Selain itu, ada pula pengobatan tradisional Banjar yang unik untuk mengobati sengatan kelabang, yaitu menggunakan otak dari binatang kelabang itu sendiri. Pegobatan seperti ini disebut tatamba sapuhun. Cara pengobatannya, usapkan otak kelabang pada bagian tubuh yang disengat oleh kelabang.
            Pengobatan tradisional lainnya, bila disengat kelabang yaitu menggunakan pupur dingin yang dibuat dari tepung beras. Cara pengolahan obatnya, yaitu masukkan beberapa biji pupur dingin dalam mangkok, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian masukkan air dan diaduk sampai rata hingga menjadi adonan. Untuk mengobatinya, oleskan obat tersebut pada bagian tubuh yang disengat kelabang. ara/mb07

3 komentar:

  1. terima kasih atas saran bapak ternyata benar apa yng bapak ceritakan bahwa obat yng paling cepat untuk menyembuhkah di gigit limpa adalah pakai otak limpa itu sendiri uda saya coba barusan ternyata jitu terima kasih atas saranya

    BalasHapus
  2. hindari anda akan gigitan limpa sakit linu pokoknya serba salah mesti harus bagaimana

    BalasHapus
  3. terima kasih atas saran bapak ternyata benar apa yng bapak ceritakan bahwa obat yng paling cepat untuk menyembuhkah di gigit limpa adalah pakai otak limpa itu sendiri uda saya coba barusan ternyata jitu terima kasih atas saranya

    BalasHapus