Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

230911-Obat Tradisional Gigitan Serangga

Bunga Melati Untuk Mengobati Gigitan Serangga

DI DAERAH ini banyak terdapat jenis serangga yang memiliki sengatan berbisa, diantaranya dalam bahasa Banjar, untuk jenis semut ada yang disebut kayakih, kararangga (semut besar berwarna merah, terdapat banyak di pohon buah) dan salimbada atau halimbada (jenis semut besar berwarna hitam, biasanya banyak terdapat di atas tanah di sekitar pohon buah).
Untuk jenis lebah ada yang disebut, wanyi (tawon), kalalaput, naning, tambuan atau tabuhan.
            Menurut budayawan Kalsel, Drs Syarifuddin R, ada beberapa cara pengobatan tradisional masyarakat Banjar, untuk mengobati gigitan serangga seperti ini, bisa dilakukan dengan menggunakan bunga melati. Cara pengolahan obatnya, yaitu bunga melati diremas sampai lumat hingga berair (keluar airnya), kemudian usapkan ramuan obat bunga melati ini, pada bagian tubuh yang disengat serangga.
            Selain bunga melati, dapat pula dengan menggunakan bunga yang lain. seperti yang sudah di ketahui, serangga senang dengan bunga, karena pada bunga serangga mencari makan, yaitu menghisab madunya atau serbuk sarinya. Ternyata pada bunga, terdapat pula obat untuk mengobati gigitan serangga tersebut.
            Selain dengan bunga untuk mengobati gigitan serangga, dapat pula dengan menggunakan getah buah papaya (kustila atau kastila). Cara pengolahan obatnya, yaitu buah papaya yang masih muda, ditoreh dengan pisau, hingga mengeluarkan getah, lalu oleskan getah tadi pada bagian tubuh yang disengat serangga.
            Selain itu dapat pula diobati dengan menggunakan kapur sirih atau kapur manginang, yaitu kapur sirih di oleskan pada bagian tubuh yang disengat serangga.
            Tetapi, hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengobatan gigitan serangga, harus diusahakan dapat mengambil sengat serangga, yang biasanya tertinggal di bekas gigitannya, agar pengobatan menjadi lebih efektif. ara/mb07
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar