Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

250911-minggu(senin)-PA Budi Dharma (Dm.270911)

Photo:mb/ara
KEGIATAN - PA Budi Dharma, selama enam malam dalam seminggu, selalu di isi dengan beragam kegiatan keagamaan

PA Budi Dharma
Di Isi Dengan Beragam Kegiatan Keagamaan

SEMENJAK 1979 didirikan, Panti Asuhan (PA) Budi Dharma yang terletak di jalan Achmad Yani Km 38, Martapura, tentunya sudah banyak anak-anak yang purna asuh. Selama enam malam dalam seminggu, selalu di isi dengan beragam kegiatan keagamaan.
            Amrullah, salah satu pengasuh panti menuturkan “aku dulunya juga anak asuh di panti ini, setelah lulus SMA, aku diminta untuk menjadi pengasuh panti. Kalau di hitung-hitung, sekitar 20 tahun sudah ada di sini. Karena aku juga berasal dari anak panti, jadi tidak terlalu sulit membina anak-anak.
            PA Budi Dharma khusus untuk anak laki-laki. Saat ini jumlah anak asuh ada 40 orang, paling muda berumur 9 tahun, masih duduk di kelas 3 SD. Panti hanya membina mereka hingga SMA/sederajat.
Setelah lulus SMA mereka akan di kursuskan atau mengikuti pelatihan keterampilan. Tetapi kalau ada yang berprestasi selama sekolah, kami akan mencarikan orang tua asuh yang mampu membiayai anak tersebut, hingga lulus bangku sarjana.
            Anak-anak paling banyak berasal dari daerah Kabupaten Banjar, sebagian ada yang dari Tanah Laut, maupun Barabai. Kebanyakan anak-anak diantar oleh orang lain kemari, ada pula yang diantar oleh Dinas Sosial Kabupaten Banjar.
Memang anak-anak yang keluarganya dekat panti, sering pulang kerumahnya, jadi yang dimaksud berasal dari Kabupanten Banjar, bukan anak-anak yang berasal dari kota Martapura ini, tapi dari Sungkai, atau Riam Kanan yang masih dalam wilayah Kabupaten Banjar.
            Masalah yang sering terjadi, paling-paling adanya perkelahian kecil antar anak-anak, yang biasanya juga akan lebih cepat berbaikan kembali. Tapi bila mereka sering melanggar peraturan panti, dan sudah diperingatkan selama tiga kali, terpaksa kami keluarkan dari panti.
            Sangat banyak perkembangan panti, dulu saat aku masih menjadi anak asuh panti, tidak ada yang namanya kamar tidur. Yang ada hanya satu ruangan tempat semua anak berkumpul untuk tidur.  Kurang lebih 10 tahun yang lalu, baru bisa membangun kamar, sekarang ada 10 kamar, masing-masing kamar ada 4 anak” ujarnya.
            Tidak banyak penjelasan yang dapat diberikan oleh Amrullah, terutama mengenai biaya pengeluaran PA Budi Dharma “yang lebih mengetahui itu ada pada bendahara panti dan ketua panti sendiri.
Untuk kegiatan anak-anak dipanti, sepulang sekolah mereka beristirahat dulu, sore harinya mengikuti kegiatan di sekolah masing-masing, seperti pramuka dan PMR. Seusai sholat magrib, akan di isi dengan yasinan, maulid habsyi, pengajian agama, latihan tarbang dan lain-lain. Jadi selama 6 enam malam dalam seminggu, di isi dengan kegiatan keagamaan, kecuali malam Minggu.
Setelah sholat Isya hingga pukul 22.00 adalah waktu belajar. Setelah itu kalau mau nonton TV silahkan saja, asal tidak terlalu tinggi malam” ungkap Amrullah yang sudah 9 tahunan menjadi pengasuh PA Budi Dharma. araska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar