Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Rabu, 21 Desember 2011

241110-rabu(kamis)-gerobak barang (Dm.di Ekonomi & Bisnis hal.9)

Photo: mb/ara
JASA ANGKUTAN – Geraobak barang adalah jasa angkutan barang paling murah di pasar Lima

ANGKUTAN BARANG PASAR LIMA PALING EKONOMIS

BANJARMASIN – Pasar Lima yang merupakan sentral dari perdagangan di kota Banjarmasin, tentunya menjadi tujuan dari pedagang kecil untuk membeli barang dagangan masing-masing. Proses selanjutnya setelah barang-barang dagangan dibeli adalah mengangkut..
Dalam jumlah kecil masih bisa diangkut sendiri, tapi dalam jumlah banyak, maka akan memerlukan jasa angkutan. Selain becak barang yang mangkal dipasar Lima menanti pedagang yang memerlukan jasa angkutan, yang paling murah dari jasa angkutan ada pada gerobak barang.
Mani salah satu penarik gerobak barang, menuturkan “dalam satu minggu cuma 3 hari yang paling ramai untuk jasa angkutan, biasanya pada saat kapal barang dating. Yaitu pada Senin, Selasa dan Rabu, hari lain akan sepi.
Dalam satu hari kalau lagi ramai, bisa 2 s.d 3 kali angkutan (tarikan). Satu kali tarikan rata-rata Rp 50 ribu. Jasa angkutan untuk barang biasanya satu karung gula (50 Kg) Rp 3 ribu, satu karung tepung Rp 1500, dan satu kotak mie Rp 300” tuturnya.
Menurut Mani, ia sudah menjalani profesi sebagai penarik gerobak barang selama 6 tahun, dulunya ia buruh bangunan. Tempat mangkal Mani sebagai penarik gerobak sehari-hari ada di pasar ayam dekat pasar Lima.
Katanya “para penarik gerobak barang juga ada persatuannya, bila kita menarik barang memasuki wilayah persatuan lain, paling tidak dalam mengangkat barangnya kita harus melibatkan buruh yang ada dipersatuan tersebut. Bagi-bagi rejeki lah, kata Mani sambil tertawa” saat duduk melepas lelah dipelabuhan depan kantor Pemko Banjarmasin, setelah menarik gerobak yang penuh dengan barang dari pasar Lima ke pelabuhan Lama pada Selasa (23/11) siang. Ara/mb06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar