Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Rabu, 21 Desember 2011

251110-kamis(jumat)-yg berangkat aruh dr bjm

BANJARMASIN OPTIMIS MENANG LOMBA BASYAIR DI TANJUNG

BANJARMASIN – Jumat pagi 26 Nopember, tim yang akan menghadiri Aruh Sastra Kalsel VII di Tanjung akan bertolak dari kantor Balai Kota. Segala persiapan untuk mengikuti lomba telah dilakukan.
Aruh Sastra Kalsel VII di Tanjung kali ini melaksanakan Lomba Cipta Puisi Bahasa Banjar, Lomba Mengarang Cerpen Bahasa Banjar, Lomba Basyair, Lomba Madihin, dan Penerbitan Buku Kumpulan Puisi Sastrawan Kalsel.
Event tahunan sastrawan di Tanjung yang dimulai dari 26 s.d 28 November 2010, dibuka pada pukul 15.00 wita, dengan agenda acara antara lain sambutan-sambutan dari Gubernur Kalsel, Bupati Tabalong, Kepala Dinas Sosial Kebudayaan Pariwisata Tabalong dan sambutan dari Ketua Umum Dewan Kesenian Kalsel.
Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman/ penyerahan hadiah kepada juara lomba cipta puisi bahasa Banjar dan lomba mengarang cerpen bahasa Banjar. Setelah itu ada lomba Basyair (berpasangan).
Pada 27 November ada ziarah kemakam sastrawan/ budayawan kabupaten Tabalong, gelar baca puisi dari utusan kabupaten/ kota, seminar kesenian bahasa dan sastra daerah. Malamnya dilanjutkan dengan lomba madihin (berpasangan).
Dan 28 Nopember ada gelar baca puisi kembali dari utusan kabupaten/ kota, dialog sastra, pengumuman lomba basyair dan madihin.
Mengenai tim kota Banjarmasin yang akan menghadiri Aruh Sastra Kalsel VII di Tanjung, Mujiyat. SS.n,M.Pd menjelaskan “tim berkumpul di Balai Kota Banjarmasin pada Jumat pukul 07.00 wita, dari daftar nama-nama di bawah ini adalah yang sudah menyatakan diri bersedia untuk ikut serta, memang masih ada beberapa orang yang akan berangkat belakangan” katanya sambil memperlihatkan daftar peserta yang akan turut serta berangkat ke Tanjung.
Dari mahasiswa STIKIP PGRI Banjarmasin untuk tim lomba madihin, Rahmani dan Lia Novita Ariani, didampingi Abdurrahman Ayip. Kemudia tim lomba basyair, M.Humaidi dan Erma Normawati, didampingi Hermanto Misbach.
Tim gelar sastra atau musikalisasi puisi dari Forum Apresiasi Seni Fakultas Huku Unlam Banjarmasin, yaitu Betty Sitohang, Hasanul Fikrie, Sulistya Ayu Maladjim Assyiffa, Hendra Fajar, Syahrul dan Riyan Rismayadi Yahya.
Dari Sastrawan dan budayawan yaitu Drs.H.Syamsiar Seman bersama istri dan putrinya, Drs Hamberan Syahbana, Tajuddin Noor Ganie,M.Pd, Rosydi Aryadi Saleh, Maman S.Tawie, Ana Tresna Setiawati, Tarman Effendi Tarsyad,M.Pd, Jailani dan Drs.Mukhlis Maman.
M.humaidi dari tim lomba basyair berkata “naskah syair yang akan kami bawakan adalah Sejarah Nagara Dipa, salah satu yang kami pilih dari 5 judul yang ditentukan panitia Aruh Sastra Kalsel VII. Untuk lomba ini kami sudah siap 100%” pungkas mahasiswa jurusan tari STIKIP PGRI Banjarmasin ini dengan optimis. Ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar