Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Rabu, 21 Desember 2011

291110-minggu(senin)-prestasi bjm di aruh sastra VII

Photo: mb/ara
JUARA III – Penampilan dari Tim Lomba Basyair kota Banjarmasin yang membawakan syair berjudul Sejarah Nagara Dipa.

BANJARMASIN JUARA III BASYAIR ARUH SASTRA KALSEL VII DI TANJUNG

BANJARMASIN – Upaya memperkuat kesenian, bahasa dan sastra daerah antara lain melalui Aruh Sastra Kalimantan Selatan, dimulai dari Aruh Sastra pertama hingga Aruh Sastra yang ke-VII di Tanjung, Kabupaten Tabalong, 26 s.d 28 November 2010.
Dalam salah satu lomba yang dilaksanakan dalam Aruh Sastra VII adalah  lomba basyair, dan Tim Basyair Banjarmasin (M.Humaidi dan Erma Normawati, Mahasiswa STIKIP PGRI Banjarmasin) berhasil memperoleh juara III basyair se-Kalsel.
Sebelumnya, saat pelepasan keberangkatan kontingen  yang akan menghadiri dan mengikuti kegiatan dalam Aruh Sastra Kalsel, Kepala Dinas Pariwisata kota Banjarmasin Hesly Junianto dalam sambutan pelepasan antara lain berkata “bagi peserta yang akan tampil mengikuti lomba bisa memberikan prestasi, karena itu kita perlu menjaga kerjasama kekompakan, kebersamaan dan rasa kesetiakawanan serta saling mensuport selama kita ada disana” pesannya pada Jumat pagi 28 Nopember 2010.
Prestasi lain dari kota Banjarmasin di Aruh Sastra VII adalah  dalam lomba cipta puisi bahasa Banjar dan cerpen bahasa Banjar , yaitu Erika Adriani dengan judul puisi Manyanggar Banua dan judul cerpen Tagaian (keduanya memperoleh juara I).
Kemudian puisi nominasi antara lain, Apriadi Darmawan dengan judul puisi Karasmin Sungai, Arief Al Rifany dengan judul puisi Sajak Panjual Kalakai. A.Rahman Al Hakim dengan judul puisi, Syair Mangganang Paguruan, dan Randi Arma Prayuda dengan judul puisi Kunci Naraka.
Daftar pemenang dari daerah lain untuk lomba basyair yaitu HSU peringkat I dan Tabalong peringkat II. Pemenang lomba madihin yaitu HST juara I, Balangan juara II dan Batola juara III, dari 13 kabupaten/ kota yang ada di Kalimantan Selatan.
Juri dalam dua lomba ini yaitu Drs. Syarifuddin R, Drs.H.Syamsiar Seman dan Jon Tralala. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar