Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

020511-senin(selasa)-WALHI farngky


Photo: mb/ara
SOLIDARITAS - Apresiasi Seni Hari Bumi dan Malam Solidaritas Almarhum Franky Sahilatua, dengan tema Pulihkan Kalsel Pulihkan Indonesia Untuk Keselamatan Rakyat. Bertempat di Panggung Terbuka Taman Budaya Kalsel

Aksi Lingkungan dan Seni

BANJARMASIN – Lingkungan dan seni mempunyai keterkaitan yang erat, karena inspirasi seniman sering kali bermuara dari keadaan lingkungan. Baik itu tentang keindahan maupun kerusakan.
            Jumat (29/4) malam, pukul 20.00 sd 23.00 Wita yang lalu, Walhi Kalsel telah menggelar Apresiasi Seni Hari Bumi dan Malam Solidaritas Almarhum Franky Sahilatua, dengan tema Pulihkan Kalsel Pulihkan Indonesia Untuk Keselamatan Rakyat. Bertempat di Panggung Terbuka Taman Budaya Kalsel.
            Acara yang di isi dengan pembacaan puisi lingkungan dari para penyair Kalsel, juga ada penampilan dari beberapa kelompok musik yang membawakan lagu-lagu lingkungan.
            Suasana sederhana lebih terasa, sebagai bentuk keprihatinan akan kondisi lingkungan yang terjadi di Kalsel, dengan duduk secara melingkar diatas panggung terbuka, para undangan yang terdiri dari mahasiswa, perwakilan mapala, perwakilan pers mahasiswa, kelompok-kelompok sosial serta seniman, bergantian memberikan apresiasinya tentang kondisi lingkungan. Selanjutnya acara ditutup dengan diskusi lingkungan.
            Dilain pihak, aksi lingkungan Walhi Kalsel yang sering melibatkan para seniman, mengundang pertanyaan dari beberapa kelompok sosial dan perorangan, bahwa “mengapa Walhi sekarang sering mengadakan aksi lingkungan baik pada peringatan Hari Bumi atau  Hari Lingkungan Hidup, dalam kegiatannya mengikut sertakan para seniman atau lebih bernuansa seni?”
Menjawab pertanyaan tersebut, Dwitho Frasetiandy Manager Kampanye WALHI Kalsel, pada Minggu (30/4) pagi, kepada Mata Banua, ia mengatakan “banyak seniman, baik itu sastra maupun musik yang memiliki kepedulian dan suara yang sama terhadap kondisi lingkungan hidup.
Jadi kenapa tidak, bersama teman-teman ini kita galang kekuatan untuk kampanye penyadaran lingkungan. Tentunya dengan banyak elemen yang mendukung  kampanye penyelamatan lingkungan, akan dapat merubah dan menggugah kesadaran masyarakat yang khususnya di perkotaan” ujarnya.
Lanjut Andi “aksi bersama Walhi dengan para seniman, bukan cuma baru-baru ini saja, jauh sebelumnya, Walhi sudah sering melakukan aksi bersama-sama denga para seniman. Atau seniman yang mengadakan aksi lalu mengundang Walhi.
Yang penting tujuan kita adalah sama, memperjuangkan perlindungan dan perbaikan kondisi lingkungan di daerah kita, maupun di Indonesia secara umum.
Kalau ada yang mempertanyakan eksistensi Walhi dengan seniman, berarti mereka tidak mengikuti aktivitas walhi selama ini dan memahami arti kebersamaan perjuangan lingkungan itu sendiri” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar