Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

030711-minggu(senin)-PKB muhaimin vs rosehan

Photo: Ahmad Ni’am Salim

DPP PKB Muhaimin Klaim Rosehan Bergabung Kembali

BANJARMASIN -  Konflik internal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beberapa tahun yang lalu, antara Muhaimin Iskandar sebagai ketua Umum PKB dengan Abdurahman Wahid atau Gusdur, menyebabkan PKB terpecah. Di Kalsel, Rosehan NB yang pro dengan Gusdur juga keluar dari PKB lama, yang berada di bawah pimpinan Muhaimin (PKB Muhaimin).
            Beberapa waktu ini, tersiar kabar bahwa Yeni Wahid putri dari almarhum Gusdur, telah mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa yang baru (PKB Yeni), dengan Rosehan sebagai sekjennya. Kontroversi PKB baru dan status keberadaan Rosehan, baik dalam PKB Yeni maupun PKB Muhaimin, terus bergulir.
Dalam acara peresmian sekretariat baru DPW PKB Kalsel di km 3 Banjarmasin, pada Senin (27/6) malam yang lalu, Ketua bidang organisasi dan kaderisasi DPP PKB Ahmad Ni’am Salim, mengklaim bahwa Rosehan NB sudah menyatakan dengan Muhaimin Iskandar, bahwa ia bergabung kembali dengan PKB lama (PKB Muhaimin).
Menurut Ahmad Ni’am Salim “berdasarkan hitungan PKB (Muhaimin), dengan adanya persyaratan administratif untuk partai yang sangat ketat, yang ditentukan Depkumham ini, maka partai-partai baru, akan banyak yang tidak lolos verifikasi.
Persyaratan yang ditentukan oleh Undang-undang yang diterjemahkan lebih detil Depkumham tersebut yaitu, DPW Partai harus seratus persen berdiri di seluruh wilayah Indonesia, dan mempunyai DPC minimal 75 persen, kemudian mempunyai DPAC minimal 50 persen” ungkapnya.
Kata Ni’am “Gusdur tidak pernah mendirikan partai PKB yang baru, dan PKB yang didirikan Gusdur yaitu yang sekarang di pimpin oleh Muhaimin Iskandar ini. Sedangkan PKB yang baru itu adalah didirikan oleh putrinya” ujarnya.
Saya sangat tidak yakin kalau PKB Yeni akan bisa lolos verifikasi, dari pada mubajir usaha-usaha mereka itu, lebih baik gabung dengan PKB yang sudah ada saja. Bisa dilihat secara faktual, apakah di Kalsel saja, PKB Yeni itu eksis?
Kami yakin, orang-orang yang keluar setelah konflik internal PKB, pasti akan balik kembali, bahkan Rosehan juga akan balik lagi. Karena hubungan Rosehan dengan Hilyah Aulia (sekertaris DPW PKB Kalsel) dan Mulyadi Mangin (ketua DPW PKB Kalsel), saat ini agak malu-malu kucing, atau gengsi menyatakan untuk kembali bergabung.
Tapi, hubungan komunikasi Rosehan dengan Muhaimin Iskandar, sudah lancar. Dan melalui sms Rosehan kepada Muhaimin, ia menyatakan akan balik lagi ke PKB lama” pungkasnya. ara/mb05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar