Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Sabtu, 31 Desember 2011

140711-kamis(jumat)-TB.PKBSS-topeng carita

Photo: mb/ara
DISAKSIKAN - Irwan Anshari menampilkan kebolehannya memainkan gitar, seusai menyaksikan Penampilan Topeng Carita pada Sabtu malam, sedangkan penampilan musik Kuriding dan tari pada Minggu malam mewarnai panggung Gedung Balairungsari.

Topeng Carita Disaksikan Irwan Anshari

BANJARMASIN – Sebuah kebanggan apabila suatu penampilan seni, turut disaksikan oleh kepala daerah. Pada penampilan Topeng Carita dari Kabupaten Tapin, ternyata turut disaksikan oleh wakil walikota Banjarmasin H Irwan Anshari.
            Sabtu 9 Juli yang lalu pukul 21.00 Wita, dalam Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai (PKBSS) Taman Budaya (TB) Kalsel di Gedung Balairung Sari, diiringi tetabuhan gamelan Banjar, seorang lelaki berperut buncit, badan agak bungkuk, dan rambut beruban, layaknya sosok seorang kakek tua, terlihat lincah melakoni gerak dan perilaku Semar, tokoh punakawan dari para ksatria dalam dunia pewayangan. Uniknya, Semar yang ini mengisap rokok dari pipa. Ia juga muncul bersama Bagong, Petruk, Gareng dan tokoh pewayangan lain, dalam Topeng Carita.
            Sedangkan Minggu 10 Juli, lantunan musik Kuriding dari kabupaten Batola, mengiringi gemulai gerakan tujuh penari di panggung Gedung Balairung Sari. Musik Kuriding merupakan salah satu musik tradisional Kalsel yang kian langka, seperti halnya musik Karung-karung Panting, dan Kintunglit.
            Untuk Topeng Carita biasanya membawakan cerita Ramayana, seperti penculikan "Dewi Sinta" dan episode lainnya. Namun dalam penampilan di PKBSS malam itu, yang hanya diberi waktu satu jam, tidaklah cukup untuk membawakan cerita secara keseluruhan, sehingga hanya pada cerita pembukaan.
            Walaupun singkat, tapi cukup membuat penonton merasa terhibur oleh kelincahan gerak semar, punakawan dan wayang lainnya. Sehingga seusai penampilan, Irwan Anshari langsung naik kepanggung, untuk menyalami para pemain Topeng Carita.
            Kepada Mata Banua, Irwan Anshari berkata “topeng carita ini baru sekali saya lihat, karena jarang ditampilkan, maka mudah-mudahan dengan acara seperti ini kita bisa lebih mengenal kebudayaan daerah yang ada, saya lihat pemainnya sudah senior-senior, patut dipikirkan bagaimana caranya agar ada regenarasi dari yang muda.
            Saya harap, setiap ulang tahun daerah kabupaten/kota di Kalsel, juga menampilkan kesenian-kesenian tradisional seperti ini, agar lebih dikenal masyarakat” ujarnya.
            Setelah penampilan Topeng Carita dilanjutkan dengan pagelaran social control musik yang dibawakan oleh kelompok seni Suara Hati di Panggung Terbuka TB. Kali ini Irwan Anshari memperlihatkan kebolehannya dalam memetik gitar bersama pemain musik yang lain. ara/mb05
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar