Isi Berita

Rilis yang di buat oleh ARAska dalam melaksanakan tugas sebagai Jurnalis

Jumat, 30 Desember 2011

290511-minggu(senin)-Skul brwwsn lingkungan


Pendidikan Lingkungan Sejak Dini

BANJARBARU – Pendidikan berwawasan lingkungan harus ditanamkan sejak dini, namun sejauh ini masih sedikit sekolah-sekolah di Kalsel, yang mempunyai kurikulum mendukung kelestarian lingkungan.
            Beberapa waktu yang lalu Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta dalam sosialisasi pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan hidup di Kalsel, di Banjarmasin, juga telah menyampaikan pentingnya mendorong siswa sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA untuk peduli terhadap lingkungan.
Beberapa waktu yang lalu, HE Benyamine, pemerhati sosial yang tinggal di Banjarbaru ini, pada perbincangan Selasa (22/2) malam di Minggu Raya Banjarbaru mengatakan “perkembangan dan kemajuan suatu sekolah yang berwawasan lingkungan disuatu daerah, tidak terlepas dari bersinerginya visi kepala daerah dan kerja keras kepala sekolah yang merupakan model hubungan yang saling mendukung.
Kepala sekolah mempunyai peran yang penting dalam kemajuan dan perkembangan sekolah, berbagai terobosan dan kedisplinan tergambar dari keadaan sekolah. Seperti mengembangkan budaya sadar sampah pada pelajar. Kemudian mengadakan berbagai lomba untuk membangkitkan keberanian para pelajarnya dalam berekspresi dan berkreasi, misalnya Lomba Lukis Lingkungan Sehat” ujarnya.
Menurut Benyamine “sekolah yang berwawasan lingkungan, akan terus berupaya dalam berbagai terobosan, menggerakkan penanaman pohon yang beragam dilingkungan sekolah menjadi faktor penting, khususnya tanaman lokal seperti kasturi dan tiwadak (cempedak) dan tanaman lokal lainnya.
Agar siswa siswi mengenal akan pohon yang ditanam, maka pohon-pohon lokal tersebut diberi keterangan nama dan jenisnya. Sehingga hutan sekolah dapat menjadi tempat belajar langsung bagi pelajarnya. Selain itu, sekolah yang bersih, hijau dan rindang akan membuat suasana belajar menjadi sejuk dan menyenangkan.
Oleh karena itu, sekolah yang berwawasan lingkungan,  sudah seharusnya mendapatkan dukungan yang semestinya dari berbagai pihak. Karena kesadaran lingkungan yang ditanamkan sejak dini, akan melekat dengan baik di jiwa anak-anak kita” pungkasnya. ara/mb05


Di setor - 220211-selasa(rabu) – tidak di muat
Di setor kembali - 290511 - tidak di muat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar